Fakultas Kedokteran
Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduohonu Kendari
Untitled Document
Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter

a) Kurikulum Inti

Kurikulum Inti yang dilaksanakan di program studi pendidikan dokter Universitas Haluoleo terdiri dari atas kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian, kelompok mata kuliah yang mencirikan tujuan pendidikan dalam bentuk penciri ilmu pengetahuan dan ketrampilan, keahlian berkarya, sikap berprilaku dalam berkarya, dan cara berkehidupan masyarakat sebagai persyaratan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi. Kurikulum inti PSPD disusun berdasarkan standar nasional pendidikan dokter yang telah disepakati bersama dengan FK Unhas sebagai mitra/Pembina.

b) Kurikulum institusional

Kurikulum institusional terdiri atas tambahan dari kelompok ilmu dan kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas program studi dan Universitas Haluoleo. Mengingat keterbatasan dalam jumlah dosen dan minimnya fasilitas, maka untuk sementara waktuk kurikulum lokal unggulan yang dilaksanakan di program studi pendidikan dokter Universitas Haluoleo adalah Kedokteran Nutrisi Kelautan. Dasar pertimbangannya adalah karena wilayah Sulawesi Tenggara terdiri dari kawasan pesisir dan lautan yang sangat luas dengan berbagai permasalahan pembangunan yang semakin kompleks khususnya dibidang kesehatan. Oleh karena dokter sebagai bagian dari tenaga kesehatan harus memiliki kompetensi yang baik dalam bidang nutrisi kelautan. Beban Kuliah materi kuliah kedokteran Nutrisi Kelautan selama masa pendidikan dengan 5 SKS yang diampu oleh satu dosen.
Berdasarkan jenis kelompok mata kuliah, kurikulum PSPD dibagi dalam 5 kelompok, meliputi : Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKK), Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata kuliah Berprilaku dan Berkarya (MBB), dan Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Distribusi mata kuliah kurikulum inti dan institusional

No.

Kelompok
Mata Kuliah

Kurikulum
Inti

Kurikulum
Institusional

Persentase

1.

MPK

4

12

11,11

2.

MKK

105

5

76,39

3.

MKB

4

3

4,86

4.

MPB

5

2

4,86

5.

MBB

0

4

2,78

Total

118

26

100

Dari 144 sks yang harus diselesaikan mahasiswa untuk meraih gelar kesarjanaan, masing-masing mata kuliah terbagi dalam 6 (enam) semester. Klik disini untuk lihat sebaran mata kuliah

Download Form / Modul

Bengkak
Bengkak dan Nyeri Persendian
Berat Badan Menurun
Dilema Etik
Kurang Darah
Nyeri Sendi
Takut yang Tidak Wajar
Modul Kaki Bengkak
Modul Mata Kuning
Modul Anemia
Modul Perdarahan
Form Tranksrip Nilai Mahasiswa